Breaking News
Home » Executive Summaries
Executive Summaries

Executive Summaries

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam merupakan perguruan tinggi yang ada di bawah naungan Yayasan Islam Al-Ghozali Krempyang Tanjunganom Nganjuk. STAI Darussalam memiliki dua Program Studi, yaitu program studi Ahwal Asyakhsiyah dan program studi Manajemen Pendidikan Islam.

Secara legal formal, STAI Darussalam mulai beroperasi sejak dikeluarkannya surat dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia nomor Dj.I/363/2010 tahun 2010. Diperpanjang Ijin Operasional Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal   Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor : 593 Tahun 2012/Tanggal 24 Mei 2012.

Program Studi di STAI Darussalam, telah terakriditasi pertama kali pada tahun 2013, yaitu Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 157/SK/BAN-PT/Ak XVI/S/VII/2013 Tanggal 20 Juli 2013 dan disusul kemudian Program Studi Ahwal al-Syakhsiyyah (AS) Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional   Perguruan Tinggi Nomor : 252/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013 tertanggal Tanggal 21 Desember 2013.

Akreditasi terakhir Prodi Manajemen Pendidikan Islam adalah B, berdasarkan atas SK BAN PT Nomor: 3683/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017, Tanggal 10 Oktober 2017 dan berlaku sampai 10 Oktober 2022. Begitu juga dengan Prodi Ahwal al- Syakhsiyyah, nilai akreditasinya adalah B, berdasarkan atas SK BAN PT Nomor: 3682/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017, tertanggal 10 Oktober 2017 dan berlaku sampai 10 Oktober 2022.

Maka pada langkah selanjutnya, pada saat ini sedang melaksanakan proses untuk mengajukan akreditasi Institusi STAI Darussalam. Sebagai langkah awal, melaksanakan evaliuasi diri untuk kemudian dijadikan sebagai penyusunan boring akreditasi.

STAI Darussalam memiliki visi sebagi “Pusat Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Keislaman yang Berkarakter tahun 2025”. Sedangkan misinya adalah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengkajian ilmu-ilmu keislaman multidispliner.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Meningkatkan Kualitas SDM yang kompeten sesuai dengan bidang keahlian.
  4. Menumbuhkembangkan iklim akademis, agamis dan humanis.

Sistem pengelolaan secara umum masih perlu ditingkatkan. Sistem informasi akademik pada level program studi masih dalam tahap pengembangan. Maka dari itu peranan komite penjaminan mutu perlu ditingkatkan. Perlu adanya perbaikan dalam sistem pengelolaan program studi.

Di tahun ini, STAI Darussalam telah menerima pendaftar mahasiswa baru sejumlah 160 mahasiswa. Hal ini di luar perkiraan, sebab dalam analisa STAI Darussalam, menargetkan minimal 150 mahasiswa untuk dua program studi. Meningkatnya mahasiswa di tahun ini tidak lepas dari peran Yayasan yang telah mensosialisasikan kepada semua alumni dan wali santri bahwa Yayasan Islam Al- Ghozali eksistensi STAI Darussalam. Yayasan mengharapkan para alumni dari MA Kurikulum dan Mu’adalah bisa meneruskan studinya ke STAI Darussalam. Secara kualitatif mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan kualifikasi mahasiswa baru yang disaring melalui tes masuk yang lebih ketat. Tes masuk ditekankan pada pengetahuan umum dan pengetahuan kepesantrenan. Selain itu, jangkauan mahasiswa baru   pun sudah mulai menyebar, jika di tahun tahun sebelumnya 99% adalah alumni Yayasan Islam Al-Ghozali, di tahun ini sudah mulai variatif. Sekitar 20 % mahasiswa baru berasal dari luar yayasan.

Lulusan pertama STAI Darussalam, tahun 2014, dan sampai dengan tahun 2017, telah menghasilkan lulusan Prodi AS sebanyak 139 Lulusan, MPI sebanyak 280 Lulusan, total sebanyak 419 Lulusan. Lama studi rata-rata di STAI Darussalam 4 tahun dan dan paling lama 5 tahun dengan lama penyelesaian skripsi rata-rata ditargetkan 6 bulan.

STAI Darussalam hingga saat ini telah mempunyai 15 orang dosen dengan pembagian untuk program studi Manajemen Pendidikan Islam sebanyak 8 orang dan Ahwal Syakhsiyah sebanyak 7 orang. Kualifikasi pendidikan dosen semua sudah Magister / S-2. Dan sebanyak 3 orang dosen   studi Manajemen Pendidikan Islam sedang menyelesaikan program S3 dengan beasiswa 100 % dari kementerian Agama, dan untuk prodi Ahwal Syakhsiyyah sebanyak 3 orang dosen juga sedaang menyelesaikan progrgam S3, yang juga 100 % beasiswa Kemenag RI.

Kurikulum STAI Darussalam terdiri dari Kurikulum Inti dan Kurikulum Institusional. Kurikulum inti adalah Kurikulum yang berpedoman pada keputusan Menteri Pendidikan Nasional dan Kurikulum Institusional yang bepedoman pada keadaan dan kebutuhan lokal serta ciri khas Sekolah Tinggi. Beban studi minimum yang harus diselesaikan oleh mahasiswa program studi Ahwal Syakhsiyah dan Manajemen Pendidikan Islam adalah 160 SKS yang terdiri dari 154 SKS mata kuliah wajib dan 6 SKS mata kuliah pilihan.

Kehadiran dosen mengajar rata-rata sudah mencapai 80 %. Sedangkan mata kuliah yang memiliki modul dan SAP sampai dengan tahun 2017 sebesar 80% dan bahan ajar masih minim. Direncanakan jumlah kehadiran dosen mencapai 90% sedangkan mata kuliah yang memiliki modul dan SAP serta bahan ajar dapat ditingkatkan sampai 100%.

Interaksi akademik antara sesama dosen, sesama mahasiswa, maupun antara dosen, mahasiswa dan civitas akademika lainnya berjalan lancar. Kelancaran interaksi ini terutama sangat terbantu oleh adanya media komunikasi seperti telepon genggam dan internet. Direncanakan pada periode 2018-2019 memiliki pusat layanan komputer di tingkatan Sekolah TInggi sehingga mampu menunjang pembelajaran di masing- masing ruang kuliah dengan basis Teknologi Informasi. Meskipun layanan Hot Spot sudah tersedia, namun kapasitasnya masih belum memadai jika harus diakses bersamaan, makanya ke depan pihak sekolah tinggi merencanakan penambahan bandwith dan server lokal untuk menunjang kelancaran perkuliahan dan sistem informasi perkuliahan.

Sarana fisik berupa ruang kuliah digunakan secara bersama untuk program studi yang ada. Sarana dan prasarana yang ada seperti Perpustakaan, Lab. Komputer, dan Lab. Bahasa digunakan secara bersama-sama dengan sistem bergantian sesuai jadwal yang ditetapkan. Kondisi seperti ini seharusnya belum memenuhi standar, maka saat ini pelaksanaan kegiatan praktikum dilakukan dengan pembagian shift. Fasilitas dan peralatan yang ada dari segi kualitas dan kuantitas juga perlu ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang baik pada mahasiswa.

Jumlah buku yang ada di perpustakaan sudah cukup mewakili untuk kepentingan literatur baik program studi Ahwal Asyakhsiyah maupun Manajemen Pendidikan Islam. Namun, kuantitas nya dirasa masih kurang, karena rata-rata satu judul buku hanya ada 4 eksemplar. Maka dari itu, ke depan pihak sekolah tinggi merencanakan penambahan buku-buku yang relevan dengan materi perkuliahan

Dana operasional   yang ada di   STAI Darussalam diatur berdasarkan pengelolaan keuangan melalui penerimaan maupun pengeluaran mengikuti one way management yang dikelola langsung oleh Pembantu Ketua II. Sumber dana dari SPP mahasiswa, yayasan, dan hasil usaha yang halal dan tidak mengikat.

Pengabdian Kepada Masyarakat dan penelitian yang dilakukan oleh dosen- dosen STAI Darussalam secara keseluruhan baik dari segi kuantitas maupun kualitas masih perlu ditingkatkan. Belum ada penelitian dosen yang lolos seleksi DIKTIS. Namun sudah ada beberapa dosen yang lolos seleksi penelitian melalui lembaga non pemerintah. Model penelitian dosen dan pengabdian kepada masyarakat sebisa mungkin melibatkan mahasiswa sebagai cara untuk mendidik mahasiswa lebih dekat dengan dunia akademik melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.