Breaking News
Home » Berita » Optimalisasi Potensi Desa menuju Masyarakat “SeMPuRNa”
Optimalisasi Potensi Desa menuju Masyarakat “SeMPuRNa”

Optimalisasi Potensi Desa menuju Masyarakat “SeMPuRNa”

Oleh: Dewi Martalia Kurnia Sari

Sebuah Prolog

“Mbako” kata yang familiar dan menjadi identitas bagi sebagian desa di wilayah Kecamatan Lengkong, Nganjuk. Bukan hal yang aneh memang, sebab ketika kita menginjakkan kaki di wilayah ini, sejauh mata memandang -selain rumah dan fasilitas umum lainnya- yang akan kita temukan memang hamparan ladang tembakau, hampir tanpa jeda, kecuali beberapa petak yang digunakan untuk pengumpulan dan pengolahannya.
Beberapa desa ini di antaranya Jatipunggur, Sawahan, Ketandan dan Ngringin.
Dan di sinilah, cerita ini berawal…

Kuliah Pengabdian Masyarakat –atau yang biasa disebut Kuliah Kerja Nyata– lazim menjadi agenda tahunan bagi perguruan tinggi sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa/i. Hal ini juga berlaku bagi mahasiswa/i semester akhir STAI Darussalam, Krempyang, Nganjuk.
Bukan STAIDA jika sama dengan PT lain, KKN yang biasa dilaksanakan sekitar 1- 2bulan, disetting sedemikian rupa hingga live in di lokasi cukup 10hari, -namun tetap efektif dan efisien- tentu menjadi keunikan dan tantangan bagi penyelenggara hingga peserta.

Untuk mensiasati hal ini, serangkaian kegiatan pra live in sudah mulai dilaksanakan panitia penyelenggara dan peserta, salah satunya Pemetaan Sosial yang bertujuan mengetahui dan memetakan potensi, aset, dan karakteristik mitra dampingan untuk menentukan program dan kegiatan apa yang akan dijalankan selama live in di lokasi sasaran.

Dari pemetaan sosial ini, kelompok Jatipunggur 2 dengan 14 peserta dan 3 DPL/DP memfokuskan pada beberapa bidang yang mana secara umum, kegiatan ini akan bertajuk KPM TEMATIK PEMBERDAYAAN UMAT “Optimalisasi Potensi Desa menuju Masyarakat Sempurna”
Sempurna di sini tentu tidak hanya dimaknai secara harfiah, namun sempurna yang kami maksud adalah Sehat, Mandiri, Pro aktif, Religius, dan Nyawiji. Dengan mitra dampingan mulai dari Madrasah, Masjid / Musholla, hingga Komunitas-komunitas yang ada di Jatipunggur 2.
Sempurna di sini juga sebagai motivasi bagi seluruh anggota kordes agar setiap kegaiatan dapat dilaksanakan semaksimal mungkin hingga mendekati predikat sempurna (terlepas dari “tidak ada hal yang sempurna”).

Lewat berbagai program dan kegiatan yang telah dan akan disepakati bersama mitra dampingan, kelompok Jatipunggur 2 berharap rangkaian kegiatan KPM 2019 akan berjalan lancar dan mampu memberikan manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat… (Dema)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*