Breaking News
Home » Berita » AKSI KEMILAU DI BUMI TEMBAKAU
AKSI KEMILAU DI BUMI TEMBAKAU

AKSI KEMILAU DI BUMI TEMBAKAU

Yusuf Hamidi

Narasi pengantar pokja Ngringin II

Berjumlah 12 mahasiswa dengan didampingi empat dosen, ke depan mereka akan mengabdikan diri di ujung bagian utara kota angin.

Mengangkat tema Aksi Kemilau di Bumi Tembakau, mereka akan membawa sejumlah program yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk diterapkan di dusun sasaran.

Berbeda dengan konsep KPM tahun sebelumnya, Kuliah pengabdian masyarakat pada tahun ini memiliki sejumlah sasaran yang telah ditentukan oleh pihak panitia penyelenggara, yang dalam hal ini adalah LP3M.

Sasaran-sasaran tersebut terbagi menjadi empat kluster, yaitu kluster Masjid/mushalla, Madrasah/sekolah Formal, LPKI (madin, TPQ, MT, Pesantren dsb.) dan Komunitas. Masing-masing dari kluster tersebut memiliki titik yang dapat diangkat tiap pokja, yaitu manajemen organisasi, sarpras, potensi SDM dan SDA.

Di Desa Ngringin sendiri, kelompok kerja terbagi menjadi dua bagian yaitu pokja Ngringin I dan Ngringin II. Berdasarkan rencana, pokja Ngringin I berlokasi di dusun Ngringin dan pokja Ngringin II berlokasi di dusun Sumberjo, dua dusun tersebut sengaja dipilih mengingat di desa Ngringin memiliki dua masjid di dua dusun, dan sasaran yang dituju tahun ini adalah berbasis masjid.

Pokja Ngringin II menjatuhkan pilihan pada dusun Sumberjo setelah tempo hari disarankan oleh kepala desa untuk bertempat di dusun Ngringin bergabung menjadi satu basecamp dengan pokja Ngringin I.

Pilihan itu diambil dengan berlandaskan berbagai pertimbangan seperti desa setempat yang memiliki dua masjid di dua dusun, kurangnya rasa kompetitif jika bergabung, sulitnya membagi program, kapasitas basecamp yang disediakan dan beberapa alasan lain yang makin menguatkan.

Pokja Ngringin II mengangkat tema sebagaimana disebutkan di atas sebagai media penyemangat untuk giat menjalankan semua program-programnya. Mereka pasti akan malu dengan slogan kemilau-nya jika hasil dari program yang dicanangkan tidak benar-benar kemilau.

Tema itu juga diharapkan dapat mencambuk semangat para mahasiswa untuk tulus mengabdi sekaligus menjalankan segala rencana kegiatan yang telah disepakati berdasarkan giat ansos beberapa minggu sebelumnya.

Semua berharap, KPM pada tahun ini dapat berjalan dengan sukses sebagaimana konsep awal dan dijalani dengan have fun tanpa tekanan meski sebagian masih dirundung masalah proposal penelitian.

Selamat berjuang, selamat mengabdi, dan selamat belajar pada sekolah tinggi yang sesungguhnya yaitu masyarakat, menuju cita-cita dan impian yang diidam-idamkan.

@myh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*