Breaking News
Home » Berita » PHBS, bukan lagi sekedar Kewajiban tapi Kebutuhan.
PHBS, bukan lagi sekedar Kewajiban tapi Kebutuhan.

PHBS, bukan lagi sekedar Kewajiban tapi Kebutuhan.

By :

Dosen dan Mahasiswa KPM Kedunggalih

Menghadapi musim penghujan memerlukan persiapan ekstra, tak terkecuali bagi siswa-siswi di SDN kedungglugu. Terlebih musim penghujan kali ini bebarengan dengan musim UAS, yang mana pesertanya tak hanya harus mempersiapkan pikiran, namun juga kondisi kesehatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, peserta KPM bekerja sama dengan Kepala sekolah dan Guru di SDN kedungglugu untuk mengorek kembali ingatan dan mofivasi anak didiknya terkait pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kami sebut mengorel kembali sebab dahulu sudah pernah ada sosialisasi semacam ini dari Puskesmas, namun saat ini realisasi dan efeknya masih tergolong kurang terlihat.

Sosialisasi yang dilakukan peserta KPM meliputi penyampaian materi cuci tangan dan sikat gigi dengan baik dan benar yang disampaikan dengan cara yang menarik dengan didukung video yang interaktif serta permainan dan hadiah yang dapat menarik antusiasme peserta sosialisasi. Tidak hanya materi, setelahnya seluruh peserta yang berjumlah 60an siswa ini diajak praktik bersama, hal ini dimaksudkan agar peserta tidak hanya mendengarkan materi, namun mengetahui bagaimana pelaksanaannya.

“Sosialisasi semacam ini sangat bermanfaat bagi anak-anak, juga bagi guru agar lebih termotivasi untuk ikut serta dalam menjamin keberlanjutan kegiatan” Ujar Bapak Masluri, Kepala SDN kedungglugu yang ditemui peserta KPM setelah kegiatan sosialisasi.

Harapan dari semua pihak setelah sosialisasi dilaksanakan adalah PHBS bukan lagi menjadi kewajiban yang dijalankan karena suruhan apalagi paksaan, namun menjadi sebuah kesadaran untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari siswa baik di sekolah maupun di lingkungan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*