Breaking News
Home » Berita » Memantik Semangat Belajar Al-Qur’an Sepanjang Hayat
Memantik Semangat Belajar Al-Qur’an Sepanjang Hayat

Memantik Semangat Belajar Al-Qur’an Sepanjang Hayat

By :

Dosen dan Mahasiswa KPM Kedunggalih

Al-qur’an merupakan sumber utama dalam menginterpretasikan kehidupan manusia yang beradab. untuk memahaminya, maka perlu dibiasakan untuk membaca dan menelaahnya. salah satu kegiatan KPM adalah pendampingan membaca al-Qur’an. latar belakangnya adalah bahwa kegiatan membaca al-Qur’an sudah banyak ditinggalkan. hal ini sangat disayangkan, dikarenakan para pemuda dan penduduk desa lebih banyak sibuk dalam urusan duniawi.

“Hanya beberapa orang mbak yang sudah bisa baca Al-Qur’an jadi kalo khataman ya ndak banyak yang datang, dulu sudah pernah diajak belajar, tapi ndak bertahan lama kegiatannya” kalimat ini yang dilontarkan Ibu Samini selaku Pengurus Muslimat ketika peserta KPM melakukan Ansos dan bertanya kepada beliau terkait kegiatan keagamaan di Dusun Kedunggalih. Fakta ini memunculkan gagasan untuk mengajak kaum ibu di sekitar lokasi live in untuk belajar mengaji bersama. Sebuah tantangan bagi peserta KPM yang biasanya mendampingi mengaji anak-anak, bagaimana membangun motivasi ibu-ibu agar tidak ragu apalagi malu belajar lagi dari nol. Namun hal ini tentu tidak menyurutkan niat peserta KPM untuk mengabdi dan melaksanakan program.

Di tengah kegalauan pelaksanaan program, sebuah kabar baik datang &”Mbak, ini sudah ada beberapa ibu-ibu yang berminat belajar ngaji” melalui pesan singkat Bu Samini yang merupakan aktor sekaligus partner peserta KPM memberikan angin segar dan membangkitkan keyakinan serta semangat peserta KPM yang sudah beliau anggap anak-anaknya sendiri.

Pelaksanaan pembinaan baca al-Qur’an ini dilaksanakan setiap hari sehabis jamaah sholat maghrib, pesertanya memang tidak terlalu banyak, namun kami (peserta KPM dan aktor) meyakini bahwa sedikit orang ini nantinya akan mampu mengajak warga yang lain untuk belajar bersama. Hal ini dibuktikan dengan sudah dilakukannya koordinasi dengan tokoh agama setempat beberapa hari setelah pembinaan dimulai, bahwa program keagamaan ini pasti akan dilanjutkan dengan serius.

Wujud dari keseriusan ini adalah beberapa hari setelah kepulangan peserta KPM, bagian humas menerima foto kegiatan &”Pembukaan Pengajian Al-Qur’an bagi Ibu-Ibu warga dusun Kedunggalih” yang dipimpin langsung oleh Bpk. K. Mustain dan dihadiri oleh tokoh agama hingga tokoh pemuda.

“Alhamdulillah sudah dibuka secara resmi oleh Bpk. Kyai di gedung belakang Masjid, insyaalloh dibimbing oleh bapak Kyai dan dibantu Mbak-mbak dari TPA, Terimakasih mbak ini juga atas inisiatif dan kerja keras sampean semua, doakan semoga bisa istiqomah” syukur luar biasa tidak hanya terucap dari warga Kedunggalih, namun juga seluruh peserta KPM dan DP-DPL Kedunggalih.

Kesuksesan program keagamaan ini semoga selalu menjadi motivasi, tidak hanya bagi warga Kedunggalih, namun bagi seluruh pihak yang terlibat, bahwa belajar tidak berhenti setelah sekolah tamat, namun benar-benar sepanjang hayat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*