Breaking News
Home » Berita » Belajar dari Bawah
Belajar dari Bawah

Belajar dari Bawah

By

Muarrifah

belajarlah dari kesalahan orang lain karena kamu tidak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri
Anonimous

Sepenggal nasihat tersebut probabilitasnya sama seperti yang dialami mahasiswi KPM STAI Darussalam kelompok kerja Kedungglugu.

Interaksi intens dengan masyarakat, kegiatan yang banyak berhubungan dengan mereka membuat mahasiswi belajar tentang sisi lain kehidupan yang belum pernah mereka temui.

Ibu-ibu yang masih mau belajar al qur’an di usia yang tidak lagi muda menumbuhkan kesan mendalam bagi mahasiswi. Seringkali mereka mengatakan bahwa malu karena harus belajar pada yang jauh lebih muda dan menyesal tidak mengenal al qur’an sejak lama. Akan tetapi semangat belajar mengalahkan perasaan lain yang timbul.

Di pertemuan kedua mendampingi ibu-ibu hebat ini, mereka meminta tausyiah singkat dari mahasiswi, berharap mendapat pengetahuan baru yang tidak mereka dapatkan di lingkungannya.

Dengan melawan rasa canggung dan takut akhirnya permintaan tersebut terpenuhi. Sambil belajar, mahasiswi memberikan tausyiah singkat di setiap pertemuan.

Dipertemukan dengan jam’iyah ibu-ibu ini seperti melihat ke lorong waktu, yang terjadi hari ini adalah buah dari proses di masa lalu. Pembelajaran, pengalaman yang tidak perlu kita alami sendiri adalah hikmahnya.
Tidak perlu menunggu beberapa puluh tahun kedepan untuk tau jadi apa kita nanti. Semua bisa kita tentukan hari ini.

Kedungglugu, 14 Nopember 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*